Sign in with Twitter

Username:

Gravel @gravelindonesia Jakarta Pusat, DKI Jakarta

Lebih sering ngomongin bangunan ketimbang sepeda.

22 Following   2,318 Followers   206 Tweets

Joined Twitter 9/5/20


Kalau tidak ada rembes setelah semalaman, kuras airnya kembali! Dengan ini, dak dan lantai kamar mandi bisa dianggap aman dari kebocoran.Setelah air diisi dan tidak merembes melalui saluran, lakukan perendaman selama satu hari. Setelah itu perhatikanā€¦ https://t.co/mZvuTP3lXwLalu, setelah itu kita buat bendungan. Tutup seluruh saluran pembuangan air, dan kemudian isi dengan air setinggi 2ā€¦ https://t.co/0AUYKjUGEHLalu bagaimana melakukan tes rendam? Sebelumnya, pastikan waterproofing sudah teraplikasikan sempurna. Kalau pakaiā€¦ https://t.co/VqaPNzT7VDTes rendam ini gak cuma bisa dilakukan untuk dak, tapi bisa juga untuk mengecek kebocoran dak jemuran atau lantai kā€¦ https://t.co/DBguvUwdjjTest rendam ini dilakukan untuk mengecek apakah masih ada bagian yang bocor setelah pengaplikasian waterproofing, dā€¦ https://t.co/Ta8UKqxLjuSudah mulai masuk musim hujan lagi. Buat yang punya atap dak, atau punya dak jemuran, coba dicek, apakah mulai adaā€¦ https://t.co/WBPKJ4ln0X
10/18
2021
@TriAditha Bener banget, apalagi kalo keramik lama udah ga produksi... sekalian aja ganti semua šŸ¤ÆKalau sudah terlanjur pecah, perbaikannya tentu dengan memasang keramik yang baru. Sambil memasang keramik baru, kiā€¦ https://t.co/ZdG0tn0RX7Apakah bisa dicegah? Bisa! Kita bisa mengecek keramik yang terpasang, apakah ada nat (celah antar keramik) yang beā€¦ https://t.co/aGuqCraiI5Selain karena temperatur, adanya air yang merembes ke bawah keramik (misal setelah banjir) dan ada udara yang terjeā€¦ https://t.co/44tR4vC0cJUbin keramik terangkat dan pecah ini namanya 'popping'. Ada beberapa penyebab keramik mendadak pecah, tapi yang pā€¦ https://t.co/eKa9IpgR9Z
10/16
2021
Pagar juga bisa bikin yang dari bata! Karena bikin pagar gak bisa sebentar, konsultasikan pembuatan pagar ini ke tiā€¦ https://t.co/D6xi5UwCrFInspirasi pagar ini bisa kamu coba di rumah, supaya pagar sama rumah jadi serasi. Kayak pagar kayu vertikal gini, bā€¦ https://t.co/BnVtL7iUUaPagar nih hal yang lumayan sering dilupakan kalo kita ngedesain rumah. Pas udah ditempatin, baru mikir, lah kaga adā€¦ https://t.co/VDSWAcm7c5
10/14
2021
Gunakan pipa yang tepat . Meski biasanya pipa yang digunakan berbahan PVC, namun untuk pipa air panas kita sebaiknā€¦ https://t.co/2LepZPix7uMinimalkan Tikungan atau Belokan. Pipa yang menikung atau berbelok akan mengganggu kelancaran aliran air maupun kā€¦ https://t.co/N87QOeUbh3Jangan sembarangan ekspos pipa-pipa juga. Jangan sampai juga karena gak pengen membongkar, lantas pipa cuma di-expā€¦ https://t.co/jjSJNyVKHVJangan sampai, pipa-pipa ini mengganggu struktur rumah! Kebanyakan sistem pemipaan diletakkan tersembunyi di dindā€¦ https://t.co/pJzv9Ue0adAir bersih, air bekas, air kotor, dan kotoran, semuanya dialirkan di pipa yang berbeda. Semua pipa-pipa ini memilikā€¦ https://t.co/f8XY5g0S1RKalau tubuh punya pembuluh darah, rumah punya sistem pemipaan. Semua aktivitas yang menunjang hidup kita di rumahā€¦ https://t.co/gKXp81EmIn
10/12
2021
KemenPUPR sudah memiliki inovasi rumah precast yangh dikenal dengan nama RISHA. Klaimnya, pembangunan rumah RISHA bā€¦ https://t.co/bPh7vVGx85Beton precast ini sebenarnya sudah banyak digunakan buat pembangunan rusun dan apartemen, karena sifatnya modular dā€¦ https://t.co/0JkSuS93GQRUMAH DENGAN BETON PRECAST! Rumah ini adalah rumah yang dibangun dengan komponen sloof, kolom, balok, dan panel diā€¦ https://t.co/icamegtohpSelama ini kita tahunya bikin rumah ya pake bata, semen dan sebagainya. Pernah kebayang gak sih bangun rumah dirakiā€¦ https://t.co/JbNez7RelH
10/11
2021
Sisa-sisa pengaruh kolonial Belanda juga terlihat di Jalan Braga. Masih banyak bangunan kolonial yang berdiri dan dā€¦ https://t.co/MT2s2CE8KTSelain itu, banyak villa-villa di kawasan Bandung Utara yang dibangun oleh penduduk Eropa tersebut. Makanya, gak heā€¦ https://t.co/uEOY603gUuKedatangan banyak penduduk asal Eropa ini tentu membawa pengaruh budaya berupa bangunan, khususnya bangunan residenā€¦ https://t.co/22CFk1GITWBandung memang sengaja dibangun sebagai kota wisata, di bawah Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels pada tahun 1ā€¦ https://t.co/Ij111kIJjKBandung diciptakan ketika Tuhan sedang tersenyum, katanya. Tapi, kenapa dibanding daerah lainnya di Indonesia, Bandā€¦ https://t.co/TEpWaohcXz @whispr27 šŸ˜­ @ArindraVisnu Itu resinnya bau kayak gosong gituā€¦ā€¦ @ArindraVisnu TERASI!!!! šŸ˜­šŸ˜­šŸ˜­
10/9
2021
@JVLEHA TERASI šŸ„²šŸ„²šŸ„² @mutiahanae Marahin kakBenar gak sih lantai teraso bikin lebih dingin dari ubin keramik biasa? Menurut kamu gimana? Iya apa nggak?Salah satu pemakaian lantai teraso yang terkenal adalah Hollywood Walk Of Fame. Ada yang pernah ke sini? Saya sih..ā€¦ https://t.co/hX2fs3qj1TSekarang, lantai teraso bisa langsung dicetak di tempat seperti ngeplur lantai, sehingga bisa terlihat halus tanpaā€¦ https://t.co/uqpWVtu1aEJaman dulu, ubin teraso banyak digunakan di rumah-rumah sebagai penutup lantai bangunan. Mungkin beberapa dari kitaā€¦ https://t.co/btxIcDBZtjTeraso (terrazo) merupakan materialĀ penutup lantai yang merupakan campuran pecahan granit, kuarsa, pasir, dan materā€¦ https://t.co/1EY2ZMtGMmJangan typo jangan salah sebut. Inilah lantai yang mungkin sering kita temui di rumah-rumah jaman dulu: LANTAI TERā€¦ https://t.co/ur6FeNUVbD
10/8
2021
BUKAN UNTUK DITIRU: Ada atap āœ… Ada paving block āœ… Ada garasi? šŸ’­ https://t.co/zBBDwhGU0GSelain ukuran, pikirkan juga material lantai dan atap garasi. Supaya kendaraanmu bisa nyaman istirahat, gak kepanasā€¦ https://t.co/90qK7ycbn3Gimana standar ukuran garasi yang benar? https://t.co/4197AlUvyGKalo kamu punya mobil, punya garasi itu wajib hukumnya. Garasinya juga yang cukup sama mobil kamu ya, bukan buat naā€¦ https://t.co/j0wFubMv0hSering nih terjadi keributan antar tetangga, karena ada yang suka parkir sembarangan di jalan. Inget ya, punya mobiā€¦ https://t.co/BfX4rQ4UIr
10/6
2021
Jika kita menggunakan konsep rumah panggung, kita bisa menambah permukaan tanah yang dapat meresapkan air hujan. https://t.co/fWafVsCNwZPadahal, untuk daerah yang rawan banjir, konsep rumah panggung ini juga cocok lho! Arsitek Yu Sing bahkan sudah memā€¦ https://t.co/QtGdnowPsiKonsep rumah panggung sebenarnya untuk antisipasi dan pencegahan. Jika dulu rumah panggung dikonsep oleh generasi nā€¦ https://t.co/N7upySlqyBKita yang tinggal di Jakarta atau di dekat air pasti paham lah ya gimana nyebelinnya banjir itu. Tapi kenapa di daeā€¦ https://t.co/0YAgapiQCF
10/5
2021
4. Penempatan lantai Pemasangan di permukaan lantai ini biasanya untuk area yang luas dan jauh dari dinding, misalnā€¦ https://t.co/rIEgFdFTxA3. Penempatan atas Khusus untuk stop kontak AC atau water heater, biasanya diletakkan di bagian atas dekat plafon,ā€¦ https://t.co/j7Q6kcJNYC2. Penempatan tengah Biasanya stop kontak penempatan tengah digunakan untuk mengaliri arus listrik ke perangkat eleā€¦ https://t.co/niDbzUxVad1. Penempatan bawah Kebanyakan stop kontak diletakkan 20-50cm dari permukaan lantai. Hal ini dimaksudkan agar tidakā€¦ https://t.co/ikiOdtBIt7 @gandung_dan Kalo sakelar lampu sekitar 120cm dari lantai kak. Kalo stop kontak, beda-beda nih tergantung peletakannyaTidak seperti sakelar, ada beberapa penempatan stop kontak yang biasa digunakan, karena penempatan stop kontak iniā€¦ https://t.co/XzmIFMoxnIPenempatan saklar selalu harus diletakkan di area yang paling mudah dijangkau saatĀ memasuki ruangan.Ā Supaya kita gaā€¦ https://t.co/UgruIqurMiCoba tebak dimana? Jangan nakal ya. https://t.co/UiMyinuBSn
10/4
2021
Trus kalo soal interiornya, kira-kira begini... https://t.co/SXhYLDZ5nuSeputar kamar mandi dan ruang cuci... https://t.co/eRh58cvYvwUdah mau weekend aja nih. Paling enak emang tidur-tiduran aja di rumah. Apalagi kalo rumah jadi berasa hotel, dengaā€¦ https://t.co/YopM38v3n4
10/1
2021
Kalau ada bagian genteng yang mulai rusak, misalnya lepas atau pecah, segera perbaiki sebelum merembet ke kerusakanā€¦ https://t.co/r86Fc4DfPmBener gak sih atap bitumen bisa tahan puluhan tahun? https://t.co/eLN4Ta753FJenis atap bitumen ini banyak di pasaran, jadi kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan membangun. https://t.co/KXGcLgemI4AtapĀ bitumen adalah jenis atap yang komposisi pembentuk utamanya adalah aspal atau bitumen yang disempurnakan dengaā€¦ https://t.co/FLFiF7uS9OPernah dengar atap bitumen? Atap bitumen ini sekarang lagi musim karena dikenal sebagai atap yang kuat dan awet. Tā€¦ https://t.co/stk7yrJK5R @2mrzl2 Bisa dipoles lagi itu kak, ada kok jasa poles granit. Bisa mengkilat lagi.
9/30
2021
@2mrzl2 Ngga salah kok, memang ada granit table top. Memang jadinya berat tapi kokoh dan gak gampang gores...Kalau dilihat-lihat, bakal aneh kalo keramik lantai ditaroh di dinding, karena ukurannya yang besar-besar bikin lanā€¦ https://t.co/sYi9zvA6SIKeramik lantai biasanya lebih tebal dan lebih tahan tekanan, karena bakal menahan beban orang maupun barang di atasā€¦ https://t.co/pYdmvw6DGJKeramik lantai sama dinding itu beda! Keramik lantai yang biasa kita temui seringnya berbentuk kotak persegi dengaā€¦ https://t.co/HizvrhnvElKERAMIK DINDING DAPUR Apakah harus pakai keramik khusus? (Thread) https://t.co/wCLNRzV6cQ @TriAditha Wah terima kasih bahasannya kak. Tulangan di-las ini sering banget kejadian di lapangan, dan ditakutkanā€¦ https://t.co/HOiGg1ReYz @rak_sa2 Sebenernya yg ditakutin itu lebih ke "Workmanship" atau Kualitas Pekerjaan pas pengelasan. Karena pake eleā€¦ https://t.co/X2aGqAtkvt
Retweeted by GravelNilai "Strain Hardening-nya" mengecil, elongasi semakin pendek, alias Baja Tulangan semakin getas.
Retweeted by GravelDulu pas ngolah datanya justru dari sistem pemanasan ke baja tulangan ini ningkatin kandungan Karbon-nya. Kalau kaā€¦ https://t.co/9G2I6xKWXX
Retweeted by GravelJudul TA gue "Pengaruh Pemanasan terhadap Baja Tulangan" Metodenya pake las gas sampai suhu tertentu. pengujian dā€¦ https://t.co/UGIVn0XXGx
Retweeted by Gravel
9/29
2021
-Keramik Sudut Lengkung Keramik jenis ini ada yang melengkung ke luar dan bisa mengurangi sudut tajam yang mencuatā€¦ https://t.co/RiWKMwKQD5-Plint Lantai Plint lengkung ini untuk mencegah kotoran menumpuk di sudut pertemuan antara dinding dan lantai. Kalā€¦ https://t.co/lGOJhlsBREKeberadaan sudut tajam memang tidak terhindarkan di rumah. Terkadang, sudut tajam yang mencuat bisa tidak sengaja mā€¦ https://t.co/om4m1jCU3g
9/28
2021
Saat terjadi guncangan atau gerakan tanah, tulangan baja ini bisa lepas dari sengkang. Yang terjadi adalah, struktuā€¦ https://t.co/0Zqex7ula2Apa jadinya kalau tulangan baja dilas? Saat tulangan baja dilas, panas dari las ini bisa melukai baja dan diameterā€¦ https://t.co/G9vOV5dhmKStruktur beton bertulang itu adalah paduan material dengan tugas berbeda. Beton berfungsi menahan gaya tekan, sedanā€¦ https://t.co/z1jpRqKsodBeberapa hari lalu ada comments yang masuk ke Instagram Gravel. Katanya, kolomnya retak karena tulangannya dilas buā€¦ https://t.co/fgSZ0jMlvY
9/27
2021
...Padahal, tipe arcade seperti ini bisa mengundang lebih banyak pengunjung untuk lewat, dan melihat lebih dekat apā€¦ https://t.co/TkE9MveHLbDi masa sekarang, bentuk ruko menjadi semakin beragam, dengan bentuk modern dan kontemporer. Namun, secara prinsip,ā€¦ https://t.co/AtGsNmMsaqDi Indonesia sendiri ruko-ruko ini mengalami banyak evolusi bentuk. Sampai sekitar awal 1900-an, ruko-ruko di Indonā€¦ https://t.co/jI8vJp7wehDi five foot way ini, biasanya ada yang jualan juga. Inilah yang disebut pedagang kaki lima. https://t.co/I14Ej9TfbJTahu gak asal istilah 'kaki lima' itu dari mana? Aslinya, lantai dasar ruko itu mundur sedikit membentuk ā€˜arcadeā€™,ā€¦ https://t.co/dHwYxloYhlKawasan ruko biasanya dibangun berderet dan berada tepat di tepi jalan. Unit ruko biasanya berbentuk memanjang ke bā€¦ https://t.co/N4SGSVnRjySeperti namanya, Ruko (Rumah-Toko) merupakan bangunan berlantai dua sampai lima yang digunakan sebagai hunian dan tā€¦ https://t.co/Qirmhahin9Hampir di seluruh sudut Indonesia kita bisa menemui bangunan ruko. Bahkan, Anang sama Ashanty kabarnya dulu pernahā€¦ https://t.co/CAdB4ZDT0Y
9/25
2021
Gimana dengan padu padan warnanya? Sesuaikan dengan tema dekor interiormu supaya makin keliatan cantik. Biasanya,ā€¦ https://t.co/bbN7x4uTvbMaterial plint lantai ini juga ada banyak macamnya. Mulai dari kayu, PVC, metal, gipsum, dan masih banyak lagi yangā€¦ https://t.co/vrbhmGVEpSPlint lantai ini fungsi utamanya adalah merapikan sambungan antara dinding dan lantai, dan melindungi dinding dariā€¦ https://t.co/EJg5V6r6IQPernah tahu soal plint lantai? Bagian pembatas antara dinding dan lantai ini namanya skirting, atau juga dikenalā€¦ https://t.co/CsVAmqxs83 @AuhabeNawaha Apalagi kalau dindingnya bener-bener nempel atau bahkan jadi satu, air dari pinggir atap bisa rembesā€¦ https://t.co/3PYY9C1J7k @gw_sultan Kalo tetangganya nuntut ya bisa denda atau masuk penjara hehe hehe
9/23
2021
@renle_siblings Waduh, kalo udah gini emang bikin pusing yah. Mungkin bisa pakai cat yang tahan air aja kak?Tetanggaku gini nih, sayangnya orgnya egois + bebal, diomongin baik" ga terima. Alhasil dinding rumah jd cepet lembā€¦ https://t.co/jfOMK1VnwK
Retweeted by Gravel
9/22
2021

0