Sign in with Twitter

Username:

KawalCOVID19 @KawalCOVID19 Indonesia dan LN

Inisiatif sukarela netizen 🇮🇩 Mengawal informasi COVID-19 • Mendorong transparansi data & komunikasi krisis yang benar • Mengadvokasi kebijakan berbasis bukti

106 Following   114,169 Followers   1,199 Tweets

Joined Twitter 3/1/20


We feel you. https://t.co/b2qnuOfqKYCOVID-19: the worst may be yet to come https://t.co/ER4EkkBY4e
Retweeted by KawalCOVID19Update kabar buruk: Prediksi kami salah. Dua bulan terakhir rupanya belum masa paling berbahaya. Justru, pandemi i… https://t.co/Ky9uTB4EXU
Retweeted by KawalCOVID19WHO tampaknya udah ancang-ancang lampu ijo kalau COVID-19 beneran airborne 😩. Perbedaan paling gampang, klo droplet… https://t.co/54YqCV0h0H
Retweeted by KawalCOVID19Gemes ya banyak yg pake masker, tp di antara mereka ada yang ga ngerti cara bermasker dgn benar 1. jangan sentuh ar… https://t.co/BarCQbXZBs
Retweeted by KawalCOVID19Monmaap, PDP dan ODP nya tertukar. ODP: 38.705 PDP: 13.882Tes COVID-19 di Indonesia per 10 Juli 2020. Rata-rata harian dalam 7 hari terakhir: - Spesimen: 20.606 - Orang yan… https://t.co/wkuz5ABFBHSebaran 1.611 kasus baru tgl 10 Juli Jakarta 260 Jatim 246 Sulut 134 Sulsel 132 Sumut 112 Jabar 105 Jateng 100 Sum… https://t.co/SaTJFcDYlAIndonesia mengumumkan 1.611 kasus baru #COVID19 tgl 10 Juli 2020. Total: 72.347 Kasus aktif: 35.349 (+681) Sembuh:… https://t.co/UFefIEzudITabulasi COVID-19 di Indonesia per 9 Juli 2020 dari situs pemerintah daerah. https://t.co/c8OCdRgkWJ https://t.co/AsJJUQ1PRjPeta Indeks Kewaspadaan COVID-19 - 9 Juli 2020 https://t.co/l0S1eLL0EG https://t.co/94g6cwl8CQPeta Rasio Lacak & Isolasi (RLI) 9 Juli 2020 Definisi: RLI = (total ODP)/(total kasus), i.e., jumlah orang yang di… https://t.co/L8cMi5l1ZXSebaran COVID-19 di Indonesia level kabupaten/kota per 9 Juli 2020. Raw datanya (ODP/PDP/kasus terkonfirmasi) dapa… https://t.co/FvejqOOabXDua bulan berselang, utas ini masih 100% relevan. Silakan dibaca kembali. https://t.co/60AWc3so1U
Retweeted by KawalCOVID19Data Tak Mampu Lagi Berdusta (sebuah utas)
Retweeted by KawalCOVID19Jika kapasitas tes-lacak-isolasi tidak segera dinaikkan, jangan heran kalau provinsi-provinsi yang ramai di Indones… https://t.co/fNCJGekALZ
Retweeted by KawalCOVID19 @dhprasetyo16 Sahih. Sebagai tambahan, sebagian besar kematian di 'rest of Southeast Asia' di Filipina. Indonesia +… https://t.co/vna2TClMwYDalam laporan 8 Juli ini, WHO juga mendorong Indonesia untuk mengadopsi kriteria discharge WHO tanggal *27 Mei* dim… https://t.co/qdf7g5OcxcTes COVID-19 di Jawa (WHO, 8 Juli) - Masih sama seperti laporan minggu lalu: Hanya Jakarta yg memenuhi syarat mini… https://t.co/l4lxKxtuj0
7/10
2020
The long list of 48 doctors and 41 nurses who died during their services to overcome COVID-19 pandemic in Indonesia… https://t.co/fau53avn7E
Retweeted by KawalCOVID19Jika kapasitas tes-lacak-isolasi tidak segera dinaikkan, jangan heran kalau provinsi-provinsi yang ramai di Indones… https://t.co/fNCJGekALZ👍🏽 https://t.co/8BeyoPIdBFUntuk itu sekali lagi kami menyerukan: hentikan perilaku dan mentalitas seperti ini. Anda akuntabel kepada kami, wa… https://t.co/2oYHjqqsdR
Retweeted by KawalCOVID19Sungguh, kami benar-benar tidak habis pikir: apa sih manfaatnya menutupi data? Selain melawan hukum, perangai tidak… https://t.co/VF0C3ZqsNf
Retweeted by KawalCOVID19Selain yang tersebut di atas, kami juga ingin mengingatkan bahwa transparansi data merupakan KEWAJIBAN HUKUM pemeri… https://t.co/gnLrqUf7ej
Retweeted by KawalCOVID19Pada akhirnya, Sang Data bicara juga. Terima kasih kepada @tempodotco yang mengupas sengkarut data COVID-19 Indones… https://t.co/PXkkaNsPl7
Retweeted by KawalCOVID19Tidak percaya? Lihat saja kurva-kurva per provinsi ini. Kurva terus menanjak, walau oleh pak @jokowi sudah diminta… https://t.co/ikASEmBKWf
Retweeted by KawalCOVID19Jumlah Kasus Covid di Jawa Timur Masih Tinggi, Tenaga Medis Kelelahan https://t.co/pLL0NJOFwp https://t.co/BPVI9UAiBW
Retweeted by KawalCOVID19Remember that masks alone cannot protect you from #COVID19. 😷 https://t.co/g1LwxGoJn3
Retweeted by KawalCOVID19 @bajangg_ @kbenaranHakiki @ntsana_ Disiplin diri: tidak keluar rumah kalau tidak penting, jauhi keramaian, hindari… https://t.co/d23F7yjArL @naufal_babang WHO merekomendasikan setidaknya 40,000. Kami lebih ambisius: 100,000 Tes, lacak, isolasi yang genc… https://t.co/Xzb58no75z @JonaferLopez Yup.. 🙄Halah 🦟👌🏽Sumpah, kami ngga tau akan ada 2,657 kasus positif baru yang diumumkan hari ini ketika mencuit ini tadi. Tapi kami… https://t.co/ngmM7DFa8PTes COVID-19 di Indonesia per 9 Juli 2020. Rata-rata harian dalam 7 hari terakhir: - Spesimen: 20.416 - Orang yang… https://t.co/eloFCtqyCe2.657 kasus Jabar 962 Jatim 517 Jakarta 284 Sulsel 130 Sulut 126 Jateng 120 Kalsel, Sumut 108 Sumsel 56 Bali 53 Ma… https://t.co/3tSj7U1INFIndonesia mengumumkan 2.657 kasus baru #COVID19 tgl 9 Juli 2020. Total: 70.736 Kasus aktif: 34.668 (+1.533) Sembuh… https://t.co/O03ejLsajWPeta Indeks Kewaspadaan COVID-19 - 8 Juli 2020 https://t.co/l0S1eLL0EG https://t.co/BB4MrG2kTXPeta Rasio Lacak & Isolasi (RLI) 8 Juli 2020 Definisi: RLI = (total ODP)/(total kasus), i.e., jumlah orang yang di… https://t.co/9KSdHQj9jDSebaran COVID-19 di Indonesia level kabupaten/kota per 8 Juli 2020. Raw datanya (ODP/PDP/kasus terkonfirmasi) dapa… https://t.co/uNjW4YROvqContoh komunikasi krisis yang sangat buruk oleh pemerintah dengan narasi 'kabar baik'-nya. Di hari dimana ada reko… https://t.co/i1Ve8nv1is
Retweeted by KawalCOVID19 @embeksehat Anda benar. Kami pun lelah. @juventini_89 Segala analisis strategik itu? Sorry ya. Rupanya mereka pun ngga punya mindset yang tepat untuk mela… https://t.co/zOxiQl2N89Tabulasi COVID-19 di Indonesia per 8 Juli 2020 dari situs pemerintah daerah. https://t.co/c8OCdRgkWJ https://t.co/0uNuIRa9bf @juventini_89 Kalau semua maskeran, kalau kapasitas tes dilipatgandakan, kalau rasio lacak dan isolasi meningkat ta… https://t.co/kJ7J4QQV0f @embeksehat Benar. Double kabar buruk. Itu kenapa perlu lebih waspada lagi, karena kebutuhan ekonomi tidak bisa di… https://t.co/4rqmC0vXEXJumlah kematian akibat COVID-19 yang dihimpun oleh Rumah Sakit Online mencatatkan angka 13.885 per 3 Juli lalu, ber… https://t.co/WlWTOY0qPL
Retweeted by KawalCOVID19Update kabar buruk: Prediksi kami salah. Dua bulan terakhir rupanya belum masa paling berbahaya. Justru, pandemi i… https://t.co/Ky9uTB4EXUDua bulan berselang, utas ini masih 100% relevan. Silakan dibaca kembali. https://t.co/60AWc3so1UPandemi Covid-19 tengah kita hadapi bersama dengan 215 negara lainnya. Jangan sampai ada yang masih memiliki pera… https://t.co/HGzrBpYWs2
Retweeted by KawalCOVID19
7/9
2020
OBITUARI Telah gugur #LawanCovid19, pd Selasa (7/72020), H. Agus Pramono (49, dokter Puskesmas Kedungsolo, Sidoarjo… https://t.co/67v4UEedkU
Retweeted by KawalCOVID19SURVEI. 5 Juli 2020, hasil survei ttg Persepsi Risiko Warga DKI Jkt, kerjasama #LaporCovid19 & Social Resilience… https://t.co/UtBn1aiCiB
Retweeted by KawalCOVID19Wear your face covering so that it covers your nose and mouth. This helps protect people and control the spread o… https://t.co/w5xNXL4AmJ
Retweeted by KawalCOVID19Making time for breaks is important whilst working from home to help manage feelings of stress – try to take lunch… https://t.co/7AJfAOVo79
Retweeted by KawalCOVID19Mood: https://t.co/lLqgeCoudb https://t.co/vX1suUr1vj @KawalCOVID19 Salah satu salah kaprah terbesar yg membuat datanya tidak akurat adalah anggapan bahwa "kekhawatiran… https://t.co/p2xShjVJN2
Retweeted by KawalCOVID19 @KawalCOVID19 https://t.co/HGWQKr4IEE
Retweeted by KawalCOVID19Tes COVID-19 di Indonesia per 8 Juli 2020. Rata-rata harian dalam 7 hari terakhir: - Spesimen: 20.372 - Orang yang… https://t.co/j7BqF73wpdSebaran 1.853 kasus baru Jatim 366 Jakarta 357 Jateng 205 Sulsel 166 Sumut 156 Kalsel 123 Jabar 96 Sulut 90 Malut… https://t.co/BfdX3APLSyIndonesia mengumumkan 1.853 kasus baru #COVID19 tgl 8 Juli 2020. Total: 68.079 Kasus aktif: 33.135 (+1.003) Sembuh… https://t.co/EV0VmKm08vHere are alternatives to handshakes, hugs and high fives. https://t.co/4iLA5fYttM
Retweeted by KawalCOVID19 @fiznis_a Nongkrong ngga apa lah sesekali. Tapi nongkronglah dengan aman dan jangan terlalu sering. #PakaiMasker de… https://t.co/X4n4O1xvK8“Makna hidup itu bukan ditentukan panjang pendeknya usia, tapi seberapa besar kita bermanfaat bagi sesama.” - Alm.… https://t.co/p7nQ7vZ74I
Retweeted by KawalCOVID19 @iyud_why @CallMe_al_ Eh maaf. Berarti kita sedang sama-sama bertanya ke @CallMe_al_ 🤭 @my_kania Keparnoan Anda manusiawi kok. @iyud_why @CallMe_al_ Anda yang buat klaim di atas. Maka kami yang nanya, apakah Anda ada datanya? Kalau ada, akan… https://t.co/TR1X1iBw6NLike most things in life, wearing #facemask properly ensures best outcomes. Watch this video to see how to wear a f… https://t.co/R0FY6y5zZv
Retweeted by KawalCOVID19 @ariiqqq Kalau ada satuuuu aja hal super penting dan efektif yang bisa kita lakukan ketika harus keluar rumah:… https://t.co/Q9fg3HaKOG @ariiqqq Nongkrong, ngopi, olahraga, sepedaan adalah manusiawi. Kesehatan mental juga penting. Di Thailand, misalny… https://t.co/LrWQQxh5MP @CallMe_al_ Apakah ada datanya kasus kematian yang bukan Covid tapi diklaim sebagai Covid oleh RS? Apakah kasus-kas… https://t.co/VCGUhwRPX0Indonesia belum baik-baik saja. Narasi dan kebijakan "normal baru" terus digulirkan, padahal belum ada basis data y… https://t.co/Ct9rHGXnWk
Retweeted by KawalCOVID19WAJIB BACA. Saya mohon pak @jokowi @Kiyai_MarufAmin dan seluruh jajaran Gugus Tugas COVID-19 @BNPB_Indonesia beser… https://t.co/pyh1R5lY7F
Retweeted by KawalCOVID19Tabulasi COVID-19 di Indonesia per 7 Juli 2020 dari situs pemerintah daerah. https://t.co/c8OCdRgkWJ https://t.co/P1qEx3nwn8 @KawalCOVID19 @abcaustralia_id Artikel tersebut juga membahas isu keterbukaan informasi. Ketua @AJIIndonesiahttps://t.co/D9IorX9iaF
Retweeted by KawalCOVID19 @KawalCOVID19 Isi & inti thread ini sama dengan tulisan @abcaustralia_id Jumat pekan lalu: Indonesia ada di peringk… https://t.co/U39BV5Uqz4
Retweeted by KawalCOVID19 @bodoamatakutu 😢 https://t.co/2P9N5C4jgUMimin gak tahan lihat typo 🤦🏽‍♂️Peta Indeks Kewaspadaan COVID-19 - 7 Juli 2020 https://t.co/l0S1eLL0EG https://t.co/P90CK0skTrPeta Rasio Lacak & Isolasi (RLI) 7 Juli 2020 Definisi: RLI = (total ODP)/(total kasus), i.e., jumlah orang yang di… https://t.co/PX7jxTEJj4Sebaran COVID-19 di Indonesia level kabupaten/kota per 7 Juli 2020. Raw datanya (ODP/PDP/kasus terkonfirmasi) dapa… https://t.co/jwTT6hXQBR @ledyanafitriani @KawalCOVID19 Setuju seluruhnya.
Retweeted by KawalCOVID19
7/8
2020
(Sekian utasnya)Untuk itu sekali lagi kami menyerukan: hentikan perilaku dan mentalitas seperti ini. Anda akuntabel kepada kami, wa… https://t.co/2oYHjqqsdRKesehatan masyarakat ujung-ujungnya ya ekonomi juga. Mohon ini dihayati dan diamalkan.Tanpa kredibilitas, bagaimana mengharapkan publik akan mengindahkan imbauan untuk melakukan adaptasi kebiasaan baru… https://t.co/UZiaT7HYxfYang tak kalah penting, perangai ini meruntuhkan kredibilitas pemerintah, tidak hanya di mata publik, tapi juga di mata dunia.Bayangkan efek bagi angka imunisasi yang anjlok karena pandemi bagi generasi mendatang. Bayangkan juga kerusakan ya… https://t.co/yHJ0o0RKSGBenar-benar ada harga berupa nyawa yang dibayar. Belum lagi kerugian ekonomi dan dampak sosial yang harus ditanggun… https://t.co/agHnR0fFh4Sungguh, kami benar-benar tidak habis pikir: apa sih manfaatnya menutupi data? Selain melawan hukum, perangai tidak… https://t.co/VF0C3ZqsNfPublik (ya, kita) berhak tahu! Kenapa? Karena data ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Data ini menyangkut nyawa!Selain yang tersebut di atas, kami juga ingin mengingatkan bahwa transparansi data merupakan KEWAJIBAN HUKUM pemeri… https://t.co/gnLrqUf7ejData yang transparan dan akuntabel juga penting bagi pemerintah, dunia usaha dan masyarakat untuk membangun “sense… https://t.co/djKMURZTQWData yang benar juga akan mengampu peneliti untuk membangun kurva epidemi, menghitung rasio penyebaran efektif (Rt)… https://t.co/tPo9bjckJgKami paham, ini sangat melelahkan. Tapi begini. Kami meyakini data yang benar akan membuat orang lebih waspada, aka… https://t.co/QF8eDVdSpdSekarang Anda mungkin bertanya: apa pentingnya kita tau data dan bahwa datanya dapat dipercaya? Selain kita, para c… https://t.co/Gjct4wV3QNBerbagai data proxy lain, misalnya angka pemakaman dan pemulasaraan, angka tes per sejuta penduduk Indonesia yang m… https://t.co/FrPS5SQXDlAngka ini sudah kami perkirakan. Bahkan angkanya mungkin lebih tinggi lagi karena laporan platform 'RS Online' yang… https://t.co/hd8hFHSBZUPun ketika kami menghitung angka kematian ODP+PDP yang dibuka di berbagai situs gugus tugas provinsi/kabupaten/kota… https://t.co/NkpOpFqrNzDi artikel tersebut @tempodotco mengungkap bahwa angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia sudah melebihi 13.000… https://t.co/2Uvq9eFy0rPada akhirnya, Sang Data bicara juga. Terima kasih kepada @tempodotco yang mengupas sengkarut data COVID-19 Indones… https://t.co/PXkkaNsPl7
7/7
2020

0